Tips Membeli dan Memilih Gitar Akustik

No comment 193 views

Tips Memilih Gitar Akustik – Gitar akustik merupakan salah satu alat musik yang populer dan banyak diminati orang. Terutama karena harga yang variatif dan sangat menunjang untuk kegiatan bermusik kita dimana saja. Kualitas dari bahan baku dan proses pengerjaan sangat mempengaruhi kualitas suara dan daya tahan dari gitar. Tentunya kita ingin memiliki gitar yang awet dan mempunyai suara yang merdu dan indah didengar.

Disini kami akan memberikan tips memilih gitar akustik untuk kamu yang ingin membeli gitar baru, atau bagi kamu yang baru membeli gitar pertamamu. Tips-tips ini sangat berguna agar gitar yang kamu beli tidak mengecewakan, dan tentunya kamu bisa memainkannya dengan lebih baik. Berikut beberapa tips untuk memilih gitar akustik agar tidak kecewa setelah membelinya :

  • Tentukan Budget

Persiapkan dan tentukan budget kamu untuk membeli gitar. Biasanya merek-merek ternama seperti yamaha atau Ibanez lebih mahal dibandingkan dengan merek yang kurang terkenal, tetapi bukan berarti selamanya yang murah itu kurang baik. Jika budget kamu dibawah satu juta, kamu tetap bisa mendapatkan gitar yang bagus. Beberapa gitar merek yamaha juga ada yang berharga dibawah 1 juta seperti yamaha F-340 dan Yamaha F-310.

Artikel Review Gitar Akustik

  • Pilih Bahan Gitar yang Bagus

Bahan kayu yang digunakan ibarat nyawa atau inti dari gitar tersebut. Bahan tersebut sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan oleh gitar. Sebaiknya memperhatikan dan menanyakan bahan apa yang digunakan. Bahan kayu yang digunakan biasanya adalah rosewood, mahogany, spruce, nato, walnut dan masih banyak lagi.Bahan kayu juga mempengaruhi berat dari gitar, suara, dan memiliki sifat yang berbeda. Salah satu bahan kayu yang bagus dan menghasilkan suara yang nyaring adalah rosewood dan spruce. Bahan yang paling ringan adalah white ash, dan Alder adalah bahan yang paling balance dan populer untuk digunakan.
Berikut ini bagan gambar jenis-jenis kayu yang digunakan untuk membuat gitar.Bahan Kayu Gitar-souece: miracleguitariz.wordpress.com

  • Memilih Senar yang Baik

Setelah kita mengetahui dan memilih gitar yang terbuat dari bahan kayu yang baik, selanjutnya adalah cara memilih senar yang bagus dan pas dengan gitar kita. Terdapat dua jenis senar yang digunakan untuk gitar akustik, yaitu senar steel dan senar nylon. Kedua senar itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Senar steel lebih sering digunakan untuk permainan gitar yang mempunyai banyak irama melodi dan rock. Senar ini juga sering digunakan untuk memainkan musik blues. Senar jenis ini kurang cocok untuk pemula karena dapat membuat tangan sakit dan luka. Hal itu biasanya terjadi karena senar yang bentuknya lebih tipis dibanding nylon dan juga tangan yang belum terbiasa.Senar nylon biasanya digunakan untuk permainan gitar yang lebih halus atau untuk rithym musik. Sangat cocok digunakan untuk pemula karena senar ini tidak terlalu sakit dan terasa lembut. Kekurangannya genggaman neck gitar kurang terasa nyaman apalagi untuk waktu yang lama, senar nylon dan steel, pilih sesuai selera

  • Panjang Fret, Neck dan Body Gitar

Body gitar mempengaruhi kenyamanan saat bermain gitar. Tentunya body disesuaikan dengan kenyamanan diri kita saat memegangnya. Cobalah berbagai posisi sebelum membeli. Bisa sambil duduk, berdiri atau bersandar. Apakah dengan posisi-posisi tersebut gitar akustik kamu terasa nyaman saat dipegang.Berikut gambar dari jenis-jenis body gitar.Ukuran GitarYang dimaksud dengan panjang disini adalah panjang neck dan jumlah dari fret gitar. Kebanyakan gitar akustik memilik jumlah fret sebanyak 12 dan 14 (dari headstock hingga body gitar atas). Terkadang juga ada yang 16, tergantung dari body gitar. Jika kamu ingin memainkan lebih banyak nada tinggi, kamu bisa memilih gitar dengan 16 fret. Namun jika kamu merasa terlalu panjang dan tak nyaman, kamu bisa membeli yang 12 fret saja.Leher atau neck dari gitar harus kuat dan terbuat dari bahan yang tahan lama. Terkadang beberapa bahan ada yang mudah lapuk atau berjamur. Sebaiknya leher gitar juga terpasang trussrod atau besi penyangga yang menjaga agar neck gitar tetap lurus.

  • Tes Suara Gitar

Setelah mengecek fisik gitar, sekarang waktunya untuk mengecek suara yang dihasilkan dari gitar yang kamu inginkan. Apakah setiap fret sudah mengeluarkan nada yang tepat? Apa nada yang dihasilkan enak didengar, nyaring dan tidak fals ? Petiklah setiap nada dari atas kebawah neck gitar, juga dari senar paling atas ke yang paling bawah. Kamu bisa menggunakan tuner untuk mencocokan suara gitar, atau bisa juga menggunakan gitar lain yang sudah dicek dan disamakan suaranya dengan gitar tersebut.Tuner Gitar-Source:guitarfriendly.net
Yang harus diperhatikan adalah nada yang keluar dari setiap fret tidak sumbang atau fals. Terkadang beberapa gitar jenis low-end kurang baik dalam penempatan fret gitar sehingga nada yang dihasilkan kurang bagus.

Hal lain yang perlu diperhatikan :

Sebaiknya membeli gitar di toko atau tempat yang menyediakan garansi dan terpercaya
Pilihlah gitar dengan kualitas yang baik, jangan tergoda dengan harga murah namun ternyata kualitasnya jelek.

Demikian informasi seputar memilih gitar akustrik sesuai selera. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam menentukan pilihan gitar akustik yang cocok dengan jiwa anda. Terima Kasih telah selalu membaca di KordGitar.Info.

author
No Response

Leave a reply "Tips Membeli dan Memilih Gitar Akustik"