10 Persiapan Wajib Gitaris sebelum Manggung

No comment 268 views

Persiapan Wajib Gitaris – Bagi yang mendapat tawaran pertama kali manggung umumnya merasa sudah siap segalanya. Ternyata, begitu di panggung, apalagi langsung di depan ribuan orang, jadinya malah hancur lebur. Padahal latihannya sudah jutaan kali, di depan jutaan nyamuk. Berikut ini adalah hal-hal yang umum dipersiapkan gitaris profesional. Bagi gitaris yang sudah ngetop, sebagian hal berikut ini biasanya sudah ditangani oleh asisten atau kru. Nah, bagi yang belum punya asisten, dengan persiapan profesional, khalayak tidak akan menyangka kalau dirinya baru pertama kali manggung.

Source Images : maricari.com

Source Images : maricari.com

Persiapan ini juga penting buat yang pertama kali ikut audisi. Kecuali audisi buat maen sinetron yang cuma perlu bisa eksyen sedih, marah, dan senang.Semua tips ini dirangkum dari pengamatan KordGitar.info. Berikut adalah 10 persiapan yang wajib gitaris sebelum tampil :

1.  Kenali Musik Yang Akan Dibawakan

Mengenali musik, bukan berarti cuma hafal chord. Tapi memang betul-betul menjiwai musiknya. Karena saat di panggung, seorang gitaris harus siap berimprovisasi terhadap kejadian terburuk. Misalnya, seharusnya pas interlude ditemani gebukan drum, eh, si drummer kelepasan stik drum. Nah, lho? Masak berhenti? Jadi memang harus latihan diulang-ulang, tapi coba lebih dinamis.

2.  Bawa Gitar Cadangan

Mungkin abis seru-serunya solo gitar, tau-tau senar tinggal 2 helai. Begitu mau lanjut lagu berikutnya, senarnya tinggal sehelai. Gak mau kayak gitu kan?Kalo ada gitar cadangan, kita tinggal ambil jika terjadi apa-apa sama gitar pertama. Cuma punya gitar satu? Gampang! Sewa aja dari studio musik. Asal kenal sama yang punya studio. Kalo gak kenal, ya tinggalin KTP dan BPKB. Terus fotokopi, bayar deh cicilan pertama.Jangan lupa tes dulu gitarnya.

3.  Bawa (Sedikitnya) 2 Set Senar Cadangan

Ada 2 gitar, berarti sedikitnya perlu 2 set senar cadangan. Kadang dalam perjalanan, gitar yang udah disetem, senarnya bagus, tau-tau sampe di lokasi ternyata senarnya putus.Nah, kalo kejadian kayak gitu, kita gak perlu repot-repot ke toko musik. Apalagi senar yang dimau belum tentu ada di toko musik terdekat dari lokasi manggung.Lagi pula toko alat musik itu jarang. Lebih banyak toko alat pancing dibanding toko alat musik. Gak mungkin kan lo ganti senar gitar pake kenur?

4.  Bawa Perangkat Setem Gitar

Okelah, lo jago nyetem gitar. Tuing, tuing, tuing, langsung pas. Tapi di lokasi manggung gak mungkin seenaknya nyetem gitar. Males banget ngeliat orang setam-setem di panggung. Apalagi penonton udah mulai rusuh, berebutan honor. Kok rebutan honor? Emangnya lo manggung di lokasi demo ya?Mungkin lo punya guitar tuner yang tinggal colok, petik, gak perlu bunyi. Nah, bawa itu. Kalo gak punya, minjem.Alternatif lainnya, lo bisa pake guitar tuning apps yang tersedia untuk Android dan iPhone. Kalo, buat Blackberry, gak tau deh, ada gak ya? Lagian, hari gini masih pake Blackberry? Kayak orang India aja lo.

5.  Bawa Beberapa Pik dan Double Tape

Pik pasti di dompet lo banyak. Nah, double tape itu gunanya buat ngerekatin pik-pik lo itu ke stand mic. Jadi lo tinggal comot kalo piknya udah aus, atau piknya lo lemparin ke penonton.Lagian lo pede banget ngelemparin pik yang ada foto lo ke penonton. Udah terbukti, cara gitu gak ampuh buat nyaleg.

6.  Bawa Kabel Cadangan dan Tes Sebelum Berangkat

Ya, lo tau sendirilah. Di studio aja kabelnya sering gak beres. Ini juga bisa kejadian pas lo manggung pertama kali.Kalo lo pake wireless, ya pastikan baterainya baru. Dan, teteup. Cek kabelnya.

7.  Makan Sebelum Berangkat

Walaupun, ni sering kejadian, panitianya bilang udah disiapin konsumsi, kadang itu seperti janji politik. Sering kejadian, makan siang jadi makan malem. Dan umumnya, menunya ya, nasi kotak masakan Padang. Soalnya menu itu yang paling gampang buat panitia ngitung budget produksi acara. Kadang kalo budgetnya minim, dapetnya nasi warteg.Kalo lo sampe telat makan, ya jelas, manggung lo gak maksimal. Tangan lo juga jadi keringetan.Kalo ternyata panitia udah nyiapin makan, ya bawa pulang aja. Entar kasihin sama orang yang belum makan pas lo jalan pulang. Jadi kayaknya lo juga perlu rantang. Takutnya panitia nyiapin makanannya berupa prasmanan. Kalo bawa plastik kan kurang elegan.

8.  Bawa Minuman Sendiri

Terutama air putih. Sebaiknya jangan minuman dingin atau bersoda. Gak bagus buat jantung. Kecuali, jantung hati lo yang ngasih minuman itu. Ya, lo terima deh, sambil bilang, “Susah nyari perempuan sebaik… kamu.” Pas …. itu, lo sentuh hidungnya pake telunjuk.Ya, biasanya susah nyari minum di lokasi acara. Panitia sih mau ngasih. Tapi, kasusnya kadang seperti nasi kotak Padang, perlu waktu. Padahal tenggorokan lo udah merana.

9.  Kenali Suasana Sekitar Panggung

Ciyaa… mulai serius nih. Ya, kenali suasana sekitar panggung. Seperti lo mengenal suasana saat reuni, yangmana teman-teman band lo sekarang udah pada jadi manajer yang tiap hari menghabiskan waktu minimal 4 jam sehari mengarungi kemacetan jalan. Gajinya yang besar pun sebenarnya gak sepadan dengan kehidupan keras itu. Tapi, loe, adalah rockstar!Eh, maaf, dangdutstar ya?Yah, mengenali suasana sekitar memang standarnya public performance. Entah lo gitaris, MC, atau mempelai pria yang siap menghadapi kehidupan yang lebih keras.Intinya, jangan anggap para penonton itu ancaman. Mereka ada di situ nungguin lo… kapan turun dari panggung.

10.  Jadilah “Dewa Gitar”

Jangan jadi Dewa Budjana. Itu namanya peniru. Gak asik, dan diri lo juga tersiksa, karena lo gak suka pake kumis, misalnya.Jadi Dewa Gitar itu maksudnya lo yakinkan diri lo itu jagoan. You’re The Man! Lo adalah orang yang menguasai perhelatan. Kalo gak ngerti juga, nonton lagi deh film School of Rock.

Demikianlah informasi seputar persiapan gitaris sebelum manggung. Semoga informasi ini dapat membantu anda meminimalisir kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi di atas panggung.

Incoming search terms:

persiapan gitaris sebelum perform.persiapan menggunakan gitar elektrik.tips sebelum manggung.
author
No Response

Leave a reply "10 Persiapan Wajib Gitaris sebelum Manggung"